KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita
semua, dan tak lupa salawat beriring salam kita hanturkan kepada Nabi besar
Muhammad SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah pada mata kuliah
Bahasa Arab ini tepat waktu.
Makalah dengan judul “JUMLAH
ISMIYAH DAN MUBTADA’ KHABAR” ini kami susun untuk memenuhi nilai tugas mata
kuliah Bahasa Arab yang diberikan oleh, Bapak Abdul mutallib S.ag M.a.
Kami mengucapkan banyak terimakasih
kepada Bapak Abdul Mutalib selaku dosen Bahasa Arab, terima kasih kepada
anggota kelompok 3 (Tiga), serta pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam
penyusunan makalah ini.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam
makalah ini, dengan kerendahan hati, kami memohon maaf.
Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat
bagi pembaca sekalian. AMIN.
Tembilahan,1
Desember 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR
ISI..........................................................................................................................
BAB I PEMBAHASAN........................................................................................
I.I Jumlah ismiyah dan Mubtada’ Khabar........................................................
I.A Pengertian Jumlah Ismiyah..........................................................................
I.B Pengertian Mubtada’ Khabar.......................................................................
I.
Pembagian
Mubtada’............................................................................
II.
Pembgian
Khabar..................................................................................
BAB II PENUTUP..................................................................................................
II.I Kesimpulan..................................................................................................
II.II Saran............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
ISI
JUMLAH ISMIYAH DAN MUBTADA’
KHABAR
I.I Jumlah
Ismiyak Dan Mubtada’ Khabar
A. Pengertian
Jumlah Ismiyah
Jumlah ismiyah
adalah susunan kata yang dimulai atau diawali dengan kalimat
isim.
Contoh:
والارض
السموات نور الله
مُحَمد رالسو لله
طلم والجهل نور العلم
Jumlah ismiyah juga dinamakan dengan jumlah “Mubtada’ Khabar”.
B. Pengertian Mubtada’ Khabar
Mubtada’ adalah isim
yamg marfu’ yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang merafa’kan
mubtada’ itu bukan amil lafazh, seperti
fa’il atau naibul fa’il, melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida’ atau permulaan
kalimat saja.
Sedangkan khabar adalah isim marfu’ yang di musnad kan atau
disandarkan kepada mubtada’, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada
mubtada’ dan mubtada’ itulah yang merafa’kan khabar, seperti lafazh: زَيْد قَا ئَمٌ (Zaid
berdiri). Lafazh زيد menjadi mubtada’ yang dirafa’kan oleh
ibtida’, dan tanda rafa’ nya dengan dhammah karena isim mufrad. Sedangkan lafaz قا ئم
menjadi khabarnya yang dirafa’kan oleh mubtada’ , tanda rafa’nya dengan
dhammahkarena isim mufrad.
زيدان قائما ن (Dua Zaid itu
berdiri). Lafazh زيدان menjadi
mubtada’ yang dirafa’kan oleh ibtida’, tanda rafa’nya dengan alif karena isim
tatsniyah. Sedangkan lafazh قائما ن menjadi khabar yang dirafa’kan oleh mubtada’,
tanda rafa’nya dengan alif karena isim tatsniyah.
زيدون قا ئمون (Zaid-Zaid itu berdiri). Lafazh زيدون mubtada’ dan قا ئمون
menjadi khabarnya,
dirafa’kan dengan memakai wawu karena jamak mudzakkar salim.
1. Pembagian Mubtada’
Mubtada’ itu terbagi
menjadi dua bagian, yaitu:
Ø
Mubtada’ yang Zhahir (seperti yang telah dijelaskan diatas)
Ø
Mubtad’ yang Mudhmar (dhamir):
Mubtada’ yang mudhmar (isim dhamir) ada dua belas, yaitu:
·
انا (saya)
·
نحن (kami atau kita)
·
انت (kamu laki-laki)
·
انت (kamu
perempuan)
·
انتما (kamu
berdua laki-laki/perempuan)
·
انتم (kalian
laki-laki)
·
انتن (kalian
perempuan)
·
هو (dia
laki-laki)
·
هى (dia
perempuan)
·
هما (mereka
berdua laki-laki/perempuan)
·
هم (mereka
semua laki-laki)
·
هن (mereka
semua perempuan)
Seperti perkataan انا قا ئم (saya berdiri).
Adapun meng-I’rab-nya
adalah sebagai berikut: انا (saya) berkedudukan menjadii mubtada’
yang dirafa’kan, tanda rafa’nya tanda rafa’nya mabni sukun. Sedangkan lafazh قا ئم menjadi khabarnya, dirafa’kan, tanda rafa’nya
dengan dhammah.
Dan lafazh yang menyerupai nya seperti:
ا نتم قا ئمون ,انتما قا ئمان , انتما قا ئما ن , انت قا ئمة , انت قا
ئم , هما قا ئمتا ن , هما قائما ن , هي قا
ئمة , هو قا ئم , ا نتن قا ئما ت , هن قا ئما ت , هم قا ئمو ن
2. Pembagian Khabar
Khabar itu ada dua bagian, yaitu:
ü
Khabar Mufrad:
Ialah khabar yang bukan berupa jumlah (kalimat) dan bukan
pula menyerupai jumlah.
Contoh: زيد قا ئم (Zaid berdiri), kedua-duanya isim mufrad. Dan
juga termasuk khabar mufrad bila mubtada’ dan khabar itu terdiri dari isim
tatsniyah dann jamak, seperti contoh dibawah:
زيدون قا ئمون = Zaid-Zaid itu
berdiri
زيدان قا ئما ن =dua Zaid itu
berdiri
ü
Khabar Ghair Murfad:
Ialah khabar yang terdiri dari jumlah, seperti jumlah
ismiyah (mubtada’ dan khabar lagi), atau jumlah fi’liyah (yaitu terdiri dari
fi’il dan fa’il).
Kabar ghair mufrad ada empat macam:
1.
Jar dan Majrur
Contoh: را الد فى زيد (Zaid berada didalam rumah)
2.
Zharaf
Contoh: ك عندزيد (Zaid berada disisimu)
3.
Fi’il beserta Fa’ilnya
Contoh: ابوه م قا زيد (Zaid,
ayahnya telah berdiri)
4.
Mubtada’ beserta Khabarnya
Contoh: ذاهبة زاريته زيد (Zaid
hamba perempuannya pergi)
Perlu
diingatkan, bahwa khabar yang dibuat dari jumlah mubtada’ dan khabar, atau
terdiri dari fi’il dan fa’il disebut khabar jumlah. Adapun khabar yang terdiri
dari jumlah jar dan majrur atau zharaf disebut syibih (serupa) jumlah, karena
jar-majrur dan zharaf itu bukan menjadi khabar yang sebenarnya, sebab yang
menjadi khabar yang sebenarnya ialah muta’allaq-nya tersimpan atau tersembunyi,
yang taqdirnya dapat atau boleh dengan isim mufrad, seperti: ئن كا
atau dengan jumlah fi’il dan fa’il, seperti lafazh: استقر
Lafazh: را الد فى زيد , pada
hakikatnya: را الد فى ئن
كا /ستقرا
ك عند زيد
, pada hakikatnya: ك عند ئن كا
/ستقرا
Oleh
karna lafazh muta’allaq nya dapat ditaqdirkan (diperkirakan) isim mufrad dan
ditaqdirkan fi’il madhi, maka disebutlah dengan syibih jumlah (serupa jumlah).
BAB II
PENUTUP
II.I KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah bahwa yang disebut jumlah ismiyah
itu di dahulukan isim (kata benda) dan Mubtada’ itu adalah terbagi 2 macam
yaitu
Mubtada’ yang Zhahir
Mubtad’ yang Mudhmar
(dhamir)
Mubtada’ yang mudhmar
(isim dhamir)
Khabar itu tebagi 2 (dua) Khabar itu ada dua bagian,
yaitu:
Khabar
Mufrad:
Ialah khabar yang bukan
berupa jumlah (kalimat) dan bukan pula menyerupai jumlah.
Contoh: زيد قا ئم (Zaid berdiri), kedua-duanya
isim mufrad. Dan juga termasuk khabar mufrad bila mubtada’ dan khabar itu
terdiri dari isim tatsniyah dann jamak, seperti contoh dibawah:
زيدون قا ئمون = Zaid-Zaid itu
berdiri
زيدان قا ئما ن =dua Zaid itu
berdiri
Khabar
Ghair Murfad:
Ialah khabar yang terdiri
dari jumlah, seperti jumlah ismiyah (mubtada’ dan khabar lagi), atau jumlah
fi’liyah (yaitu terdiri dari fi’il dan fa’il).
Kabar ghair mufrad ada empat macam:
Jar
dan Majrur
Contoh: را
الد فى زيد (Zaid
berada didalam rumah)
Zharaf
Contoh: ك
عندزيد (Zaid
berada disisimu)
Fi’il beserta Fa’ilnya
Contoh: ابوه م
قا زيد
(Zaid,
ayahnya telah berdiri)
Mubtada’ beserta Khabarnya
Contoh: ذاهبة
زاريته زيد
(Zaid hamba
perempuannya pergi)
II.II SARAN
Kita
sebagai mahasiswa/siswi stai auliurrasyidin
harus dapat memakami apa itu jumlah ismiyah dan mubtada’khabar.
DAFTAR PUSTAKA
-K.H.Moch.Anwar Dan
H.Anwar Abu Bakar. Ilmu nahwu terjemahan matan al-ajurumiyyah dan imrity, cat.6
bandung .Sinar Baru Algensindo,1995.
-H.M.Husain Abdul
Karim,Qawaa’idun Nahwu,Pustaka Al-islam maidan.
0 komentar:
Posting Komentar